6 Rekomendasi Universitas Negeri Termurah di Indonesia

| Comment 0

Masalah ekonomi tidak boleh menjadi penghalang untuk bisa meraih gelar sarjana. Anda dapat melakukan survei terlebih dahulu tentang universitas negeri termurah di Indonesia. Namun, cek juga tentang jurusan apa yang ditawarkan. Anda boleh menyesuaikan anggaran, namun pertimbangkan kemampuan yang Anda miliki.

Universitas Negeri Termurah di Indonesia

Saat ini, pembayaran biaya kuliah di perguruan tinggi negeri diberlakukan dengan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). Berikut adalah daftar universitas termurah di Indonesia berdasarkan UKT yang ditetapkan.

Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Aceh

Universitas Negeri Termurah di Indonesia

https://www.facebook.com/

Rekomendasi perguruan tinggi negeri yang murah di Indonesia adalah Universitas Teuku Umar (UTU). Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang mesti dibayar mahasiswa per semesternya adalah berkisar antara Rp.500.000 hingga Rp.2.400.000.

Sementara itu, Biaya Pengembangan Institusi (BPI) untuk mahasiswa yang lulus jalur mandiri dikenakan mulai dari Rp.5.000.000.

Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari

Universitas Negeri Termurah di Indonesia

https://jejakrekam.com/

Ini adalah perguruan tinggi negeri berbasis Islam yang terletak di Banjarmasin. Sebelum diresmikan menjadi UIN Antasari pada 2017, perguruan tinggi ini merupakan Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Sistem pembayaran perkuliahan UIN Antasari diberlakukan sistem Uang Kuliah Tunggal atau UKT. Adapun UKT yang dikenakan di sini mulai dari Rp.400.000 hingga Rp.3.000.000 untuk semua jurusan.

Universitas Trunojoyo Madura (UTM)

Universitas Negeri Termurah di Indonesia

http://pkkmb.trunojoyo.ac.id/

Ini merupakan salah satu universitas negeri termurah di Indonesia yang ada di Madura. UKT hanya berkisar antara Rp.500.000 hingga Rp.3.000.000. Kabar baiknya, UKT tersebut berlaku untuk semua jurusan.

Sementara itu, mahasiswa yang lulus seleksi perguruan tinggi jalur mandiri dikenakan Biaya Pengembangan Institusi (BPI). Adapun tingkatan biaya yang dibayar mulai dari Rp.5.000.000 hingga Rp.20.000.000.

Universitas Tidar (Untidar) Magelang

Universitas Negeri Termurah di Indonesia

https://www.google.com/

Rekomendasi universitas termurah berikutnya adalah Universitas Tidar Magelang. Terdapat delapan kelompok UKT yang dimulai dari Rp.500.000 hingga Rp.4.000.000.

Bagi mahasiswa yang lulus melalui ujian mandiri, akan dibebankan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) mulai dari Rp.5.000.000 hingga Rp.20.000.000.

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjung Pinang

Universitas Negeri Termurah di Indonesia

http://tanjungpinangpos.id/

Bagi Anda yang berdomisili di pulau Sumatera dan sedang mencari kampus yang murah meriah, coba lirik ke Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH). Ini adalah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

UKT terendah di sini adalah sebesar Rp.500.000 dan UKT tertinggi hanya berkisar sebesar Rp.4.700.000. Bagi mahasiswa yang lulus ujian masuk perguruan tinggi jalur mandiri akan dikenakan Biaya Pengembangan Institusi sebesar Rp.5.000.000. BPI tersebut bisa diangsur tiga kali pada tahun pertama perkuliahan.

Universitas Andalas (Unand) Padang

Universitas Negeri Termurah di Indonesia

https://www.unand.ac.id/id/

Pilihan universitas negeri termurah di Indonesia berikutnya adalah Universitas Andalas (Unand). Ini juga termasuk dalam universitas terbaik di dunia yang ada di Indonesia. Uang Kuliah Tunggal (UKT) Unand terendah yaitu Rp.500.000. Sementara itu, UKT tertinggi adalah Rp.12.000.000 untuk jurusan kedokteran. Ini tergantung dengan jurusan kuliah dan jalur masuk perguruan tinggi.

Bagi mahasiswa yang lulus jalur mandiri diberlakukan sistem pembayaran kuliah per semester (tanpa UKT) dan dikenakan Biaya Pengembangan Institusi (BPI). Biaya tersebut ditentukan berdasarkan jurusan yang dipilih.

Nah, itulah rekomendasi universitas negeri termurah di Indonesia. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, Anda bisa langsung serukan dikolom komentar di bawah yaaaah…

Hubungi kami di +6282111778907 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. gurulesprivate.co.id melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tim Gurulesprivate ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!