Cara Tetap Jaga Kesehatan Anak Saat Sekolah Tatap Muka

| Comments 4

Setelah hampir dua tahun menjalankan sekolah online, kini pemerintah sudah mengeluarkan aturan baru tentang sekolah tatap muka. Sehingga, sebagian besar sekolah di Indonesia telah memulai aktivitasnya kembali.

Akan tetapi, kekhawatiran orang tua dan guru terkadang membuat semuanya berjalan dengan keraguan. Untuk itu, seluruh pihak harus memperhatikan anak-anak agar tetap terjaga selama sekolah offline berlangsung.

Apa yang Harus Diperhatikan dalam Menjaga Kesehatan Anak Ketika Sekolah Tatap Muka?

Berikut adalah hal yang mesti diperhatikan dan penerapan protokol kesehatan demi menjaga kesehatan anak selama sekolah tatap muka berlangsung.

Sekolah Tatap Muka

https://www.bayut.com/mybayut/tips-ensure-children-sanitised-school/

Menerapkan Jaga Jarak di Sekolah

Sekolah sudah diizinkan untuk beraktivitas kembali dengan syarat menerapkan jaga jarak sesuai dengan aturan pemerintah. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Mengatur jarak sepanjang satu meter antar siswa.
  2. Satu kelas diisi dengan kapasitas 50% dari jumlah siswa seluruhnya dan memberlakukan sistem shift.
  3. Siswa tidak dibenarkan untuk berkumpul dan berkerumun. Sehingga, penjemputan siswa dikontrol langsung oleh pihak sekolah.
  4. Membuat rambu jaga jarak di lingkungan sekolah.
  5. Memperhatikan terjaganya sirkulasi udara di dalam kelas.
  6. Siswa diminta untuk membawa makanan sendiri dari rumah dan tidak berbagi makanan dengan siswa lainnya.

Menjaga Kebersihan dan Rajin Cuci Tangan

Semua elemen di sekolah, khususnya guru memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan kesehatan siswa selama sekolah tatap muka berlangsung. Salah satunya adalah dengan menerapkan cuci tangan dengan cara yang benar.

  1. Mencuci tangan dengan air mengalir.
  2. Gunakan sabun secukupnya.
  3. Gosok seluruh permukaan tangan, mulai dari punggung tangan, sela-sela jari, dan di bawah kuku selama 20 detik.
  4. Bilas sampai bersih dengan air mengalir.
  5. Keringkan tangan dengan tissue atau handuk sekali pakai.

Jika tidak memungkinkan bagi sekolah untuk menyediakan wastafel yang cukup atau akses air terbatas, sediakan hand sanitizer dengan kadar alkohol 60%.

Jangan Melepaskan Masker

Selain mencuci tangan, cara menjaga kesehatan anak saat sekolah tatap muka adalah dengan tidak melepaskan masker. Siswa juga harus diajarkan tentang cara menyimpan masker dengan benar.

Selain itu, sekolah mesti menerapkan bagaimana cara untuk membuang masker bekas dengan aman. Hal tersebut dilakukan demi menghindari risiko masker terkontaminasi di ruang kelas, taman bermain, dan area sekolah lainnya.

Melakukan Pembersihan dan Disinfeksi Ruangan Sesering Mungkin

Pembersihan dan disinfeksi harus dilakukan setiap hari selama sekolah tatap muka berlangsung. Terapkan pada permukaan dan benda yang sering disentuh seperti meja, gagang pintu, benda belajar langsung, papan ketik komputer, telepon, mainan, dan keran air.

Segera lakukan pembersihan pada permukaan dan benda yang terlihat kotor. Gunakan sarung tangan untuk menghindari kontak secara langsung jika Anda membersihkan benda-benda yang terkontaminasi dengan cairan seperti keringat, darah, dan lainnya.

Sekolah Tatap Muka

https://www.islandsweekly.com/

Cepat Tanggap Terhadap Anak yang Sakit

Gejala paling umum untuk mengidentifikasi infeksi COVID-19 adalah kelelahan, demam, dan batuk. Gejala lainnya mencakup nyeri dada, sesak napas, nyeri tubuh atau nyeri otot, ruam kulit, sakit kepala, kebingungan, kehilangan penciuman dan rasa, hidung berair atau tersumbat, sakit tenggorokan, mual dan muntah, diare, dan sakit perut.

Jika siswa menderita demam atau flu ringan, disarankan untuk tidak mengikuti pembelajaran sementara. Sekolah juga harus menerapkan pengukuran suhu anak secara berkala untuk mengantisipasi gejala COVID-19.

Apabila ada siswa yang tiba-tiba sakit di sekolah, segera pisahkan dari teman-teman lainnya tanpa menimbulkan stigma negatif. Beritahu orang tua untuk berkonsultasi dengan layanan kesehatan jika memungkinkan.

Vaksinasi

Vaksinasi merupakan program pemerintah untuk mengatasi persebaran virus COVID-19. Berikan penyuluhan kepada siswa dan orang tua agar bersedia untuk divaksinasi. Sebelumnya, lakukan pemantauan terhadap anak dengan memeriksa suhu tubuh, kadar oksigen, denyut nadi, dan warna urin.

 

Nah, itulah cara tetap jaga kesehatan anak saat sekolah tatap muka. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, Anda bisa langsung serukan dikolom komentar di bawah yaaaah…

Anda juga dapat menghubungi kami di +6282111778907 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. gurulesprivate.co.id melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tim Gurulesprivate ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!