Teks Eksplanasi: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Soal

| Comment 0

Halo, Sahabat Gurulesprivate!

Dalam artikel penjelasan kali ini, kita akan membahas teks eksplanasi secara mendalam untuk membantu kalia semua  memahami struktur, ciri-ciri, dan bagaimana cara menulis teks satu ini dengan baik dan benar

Simak penjelasan di bawah ini sampai habis ya!

Baca juga: bimbel sbmptn 

Apa itu Teks Eksplanasi?

STRUKTUR TEKS EKSPLANASI

Sumber: Freepik

Teks eksplanasi adalah jenis teks yang didesain untuk menjelaskan fenomena atau konsep dengan detail dan struktur yang teratur. Fokus utamanya adalah memberikan pemahaman yang jelas kepada pembaca tentang alasan atau proses di balik suatu kejadian.

Biasanya digunakan dalam konteks ilmu pengetahuan dan pendidikan untuk memberikan penjelasan mendalam tentang topik tertentu.

Baca juga: Bimbel utbk

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

STRUKTUR teks

Sumber: Freepik

Berikut ini beberapa ciri dari teks eksplanasi yang harus ada di dalamnya, antara lain:

1. Penjelasan Mendalam

Berfungsi untuk memberikan penjelasan mendalam tentang topik tertentu. Hal ini bisa menjadi penjelasan tentang alasan suatu kejadian, cara suatualat dapat berfungsi dengan baik, atau mengapa suatu proses bisa terjadi.

2. Penggunaaan Bahasa Jelas

Penulisannya menggunakan bahasa yang jelas, mudah dimengerti, dan tidak bermakna ganda. Tujuannya agar para pembaca dapat mengikuti penjelasan di dalam teks dengan baik.

3. Struktur Teratur

Memiliki struktur yang teratur, biasanya dimulai dari pengenalan topik kemudian diikuti oleh penjelasan utama, contoh-contoh atau ilustrasi, dan terakhir kesimpulan. Struktur ini membantu para pembaca mengikuti alur penjelasan secara runut.

4. Penggunaan Contoh dan Ilustrasi

Untuk memperjelas penjelasan, jenis teks eksplanasi menggunakan contoh-contoh konkret atau ilustrasi grafik, gambar, atau diagram.

Hal ini membantu para pembaca memahami konsep di dalam teks dan memvisualisasikan inti pembahasan dengan lebih baik.

5. Data dan Fakta Mendukung

Penulisan teks ini sering menyertakan data fakta, statistik, atau informasi yang mendukung terkait informasi di dalamnya sebagai dasar yang kuat untuk argumentasi berdasarkan fakta sebenarnya.

6. Penggunaan Kata Kunci

Kata-kata kunci atau frasa yang berkaitan dengan topik sering digunakan dalam teks eksplanasi untuk mengidentifikasi topik utama dan informasi yang relevan dengan topik pembahasan.

Baca juga: Les Privat SD Matematika di Bekasi Terdekat dari Lokasi Saya

7. Tujuan Edukatif

Teks ini seringkali digunakan untuk tujuan pendidikan atau edukatif, sehingga pembaca dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang suatu konsep atau fenomena yang dibahas.

Contoh teks ini dapat ditemukan dalam berbagai konteks, seperti buku pelajaran, artikel ilmiah, panduan pengguna, dan banyak lagi. Teks ini membantu para pembaca memahami dunia di sekitar mereka dengan lebih baik dan menjawab pertanyaan-pertanyaan “mengapa” dan “bagaimana” terkait suatu hal.

Struktur Teks Eksplanasi

STRUKTUR TEKS EKSPLANASI

Sumber: Freepik

Struktur teks eksplanasi sebagai kerangka dasar yang digunakan untuk menyusun penjelasan secara sistematis dan mudah dipahami mengenai suatu konsep, fenomena, proses, atau peristiwa dapat membantu si penulis untuk mengorganisasi informasi dengan baik.

Hal ini tentunya bertujuan agar pembaca dapat mengikuti penjelasan dengan lancar. Berikut ini struktur umum yang perlu kalian ketahui!

1. Pendahuluan (Introduction)

Memperkenalkan pembaca kepada topik yang akan dijelaskan dalam teks. Biasanya, pendahuluan berisi pernyataan umum tentang topik dan bisa juga mencakup latar belakang atau alasan mengapa topik tersebut penting untuk dibahas. Terdapat pernyataan tesis atau tujuan penjelasan yang akan diuraikan di dalam teks.

2. Penjelasan Utama (Main Explanation)

Bagian ini merupakan inti dari teks eksplanasi, di mana penjelasan utama tentang topik disajikan secara rinci dan sistematis. Penjelasan utama dapat dibagi menjadi beberapa sub-bagian atau poin tergantung pada kompleksitas topiknya.

Umumnya, diawali dengan konsep dasar atau ide pokok, diikuti oleh detail atau informasi mendukung.

3. Contoh atau Ilustrasi (Examples or Illustrations)

Untuk memperjelas penjelasan utama, penulis sering menggunakan contoh konkret, ilustrasi, grafik, gambar, atau diagram. Contoh-contoh ini membantu pembaca memahami konsep dan mengaitkannya dengan situasi nyata.

4. Data Fakta dan Statistik (Data and Statistics)

Jika relevan, teks eksplanasi mencakup data fakta atau statistik, mendukung penjelasan sebagai dasar yang kuat untuk argumentasi atau penjelasan yang diberikan.

5. Penutup (Conclusion)

Bagian penutup berisi rangkuman singkat dari apa yang telah dijelaskan di dalam teks. Ini adalah kesempatan terakhir bagi penulis untuk menguatkan pesannya dan mengingatkan pembaca tentang pentingnya topik tersebut.

6. Ringkasan atau Pesan Penting (Summary or Key Message)

Beberapa teks eksplanasi menyertakan ringkasan atau pesan penting yang menyoroti poin-poin kunci atau kesimpulan.

7. Saran atau Implikasi (Recommendations or Implications)

Terkadang, penulis teks eksplanasi memberikan saran atau membahas implikasi dari topik yang dibahas.

8. Kesimpulan Akhir (Final Conclusion)

Bagian ini bisa menjadi penutup terakhir yang merangkum keseluruhan teks dan menyampaikan pesan akhir atau memotivasi pembaca berpikir lebih lanjut tentang topik tersebut.

Baca juga: les privat 

Struktur teks eksplanasi bisa saja bervariasi tergantung topik dan tujuan penulisan. Namun, dengan mengikuti struktur dasar di atas, kalian dapat membantu pembaca kalian mengikuti penjelasan dengan lebih baik dan memahami topik lebih mendalam.

Cara Menulis Teks Eksplanasi

STRUKTUR TEKS

Sumber: Freepik

Mungkin kalian masih bingung cara menulis teks eksplanasi satu ini, jangan khawatir, coba ikuti langkah-langkah di bawah ini!

1. Pilih Topik yang Akan Dijelaskan

Mulailah memilih topik atau fenomena yang akan kalian bahas. Pastikan topik ini relevan dan menarik bagi para pembaca.

2. Susun Struktur Teks

Atur struktur teks sejelas mungkin. Mulai pengenalan, lalu jelaskan konsep atau fenomena yang dibahas secara terperinci, sertakan contoh-contoh jika diperlukan, dan akhiri dengan kesimpulan (mengulang poin-poin penting saja).

3. Gunakan Bahasa yang Jelas

Menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti juga sangat penting. Hindari penggunaan kata-kata ambigu.

4. Sertakan Ilustrasi atau Contoh

Jika memungkinkan, sertakan ilustrasi, grafik, atau contoh-contoh untuk memperjelas penjelasan yang kalian di dalam teks.

5. Verifikasi Fakta yang Ada

Pastikan setiap informasi yang kalian sampaikan akurat dan didukung oleh data aktual.

Baca juga: Rantai Makanan: Bagaimana Ekosistem Dapat Menopang Kehidupan di Bumi?

Contoh Soal dan Pembahasannya

STRUKTUR TEKS

Sumber: Freepik

Agar kalian lebih memahami materi kali ini, berikut contoh soal mengenai teks eksplanasi beserta pembahasannya:

Soal 1

Apa yang menjadi tujuan utama teks eksplanasi?

a. Menghibur pembaca.

b. Menceritakan cerita pendek.

c. Menjelaskan suatu konsep atau fenomena.

d. Mengkritik suatu karya seni.

Penjelasan

Jawaban yang benar adalah C. Tujuan utamanya ialah untuk menjelaskan suatu konsep atau fenomena dengan rinci dan sistematis.

Soal 2

Apa yang biasanya menjadi bagian dari penjelasan utama dalam teks eksplanasi?

a. Contoh atau ilustrasi.

b. Data fakta dan statistik.

c. Pendahuluan.

d. Kesimpulan.

Penjelasan:

Jawaban yang benar adalah A. Bagian penjelasan utama dalam teks eksplanasi biasanya mencakup contoh atau ilustrasi untuk memperjelas konsep yang dijelaskan.

Soal 3

Apa yang dimaksud dengan pendahuluan dalam teks eksplanasi?

a. Bagian terakhir dari teks.

b. Bagian yang merangkum pesan penting.

c. Bagian yang memperkenalkan topik yang akan dijelaskan.

d. Bagian yang berisi contoh-contoh.

Penjelasan:

Jawaban yang benar adalah C. Pendahuluan dalam teks eksplanasi adalah bagian yang memperkenalkan topik yang akan dijelaskan.

Semoga contoh soal dan penjelasan di atas membantu kalian memahami konsep teks eksplanasi lebih baik.

Baca juga: les privat jakarta 

Dengan memahami ciri-ciri dan cara menulis teks eksplanasi dengan baik dapat membantu kalian dalam berbagai mata pelajaran bahkan kehidupan sehari-hari. Jika berhasil menguasai teks eksplanasi, kalian dapat menjadi komunikator yang lebih efektif dan pemaham konsep lebih baik.

Jika ada yang perlu kalian diskusikan terkait materi satu ini, segera diskusikan dengan tim pengajar profesional kami di Latis Education.

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 087781609961. Atau klik www.tutorindonesia.co.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Referensi:

  1. Ruangguru
  2. Gramedia

guru les private

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Gurulesprivate ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!