Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak Pasca Pandemi

| Comment 0

Umumnya, anak-anak merasakan ketegangan, stress, hingga gangguan mental di masa pandemi. Sebagai guru dan orang tua, kita dapat mengatasi hal tersebut dengan menerapkan cara menjaga kesehatan mental anak pasca pandemi.

Mengenali Ciri Gangguan Kesehatan Mental Anak

Beberapa anak dan remaja menikmati libur sekolah. Namun di sisi lain, beberapa siswa lainnya merasa stress karena wabah virus corona yang membuat mereka jauh dari teman karena harus stay di rumah.

Dengan penerapan pembatasan sosial, mereka mungkin juga harus berurusan dengan isolasi diri. Perasaan seperti ini secara bertahap akan mereda. Namun, sebagai orang tua dan guru, kita mesti mengambil langkah-langkah untuk mendukung anak secara emosional dan membantu mengatasi masalah yang sedang dihadapi.

Kenali ciri-ciri berikut untuk mengantisipasi gangguan mental pada anak.

  • Depresi, kecemasan, kepanikan, mudah marah, was-was, hilang fokus, hingga perubahan suasana hati.
  • Mati rasa emosional dan menarik diri dari dunia luar.
  • Gangguan tidur hingga mengalami mimpi buruk.
  • Gangguan kesehatan dan pola makan.
  • Gejala fisik yang tidak dapat dijelaskan seperti kelelahan, sakit perut, atau sakit kepala.

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak Agar Tetap Terjaga?

Ketika Anda sudah memahami secara menyeluruh tentang ciri gangguan kesehatan mental anak, langkah selanjutnya adalah menerapkan cara menjaga kesehatan mental anak dengan mengikuti poin-poin berikut ini.

Hadir Seutuhnya Untuk Mendengarkan Cerita Anak

Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak Pasca Pandemi

Photo by Nicola Barts from Pexels

Tanyakan secara teratur tentang kabar dan bagaimana anak menjalani harinya. Ini akan membuat mereka terbiasa berbicara tentang perasaan mereka.

Dengan demikian, mereka juga mengetahui bahwa akan selalu ada seseorang untuk mendengarkan jika mereka menginginkannya. Tugas kita adalah membuat ruang agar mereka merasa nyaman ketika bercerita.

Selalu Memberi Dukungan Kapan Saja Mereka Butuhkan

Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak Pasca Pandemi

Photo by Barbara Olsen from Pexels

Perhatikan emosi dan perilaku anak. Cobalah untuk membantu mereka mengatasi kesulitan. Memang ini adalah hal yang sangat menantang. Akan tetapi, cobalah untuk membantu mereka memahami apa yang mereka rasakan dan penyebab di baliknya.

Terlibat Dalam Kegiatan Mereka

Photo by Julia M Cameron from Pexels

Tunjukkan minat pada kehidupan anak dan hal-hal yang penting bagi mereka. Ini tidak hanya membantu mereka menghargai siapa diri mereka. Ini juga memudahkan Anda untuk selalu mendukung dan menemukan masalah mereka.

Memberi Dukungan Terhadap Minat Anak

Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak Pasca Pandemi

Photo by Tatiana Syrikova from Pexels

Cara menjaga kesehatan mental anak berikutnya adalah berupaya untuk terus memberi dukungan terhadap minat anak.

Menjadi aktif atau kreatif, mempelajari hal-hal baru, dan menjadi bagian dari tim membantu menghubungkan anak dengan orang lain. Ini juga merupakan cara penting agar setiap elemen dapat memperhatikan kesehatan mental anak. Dukung dan dorong mereka untuk mengeksplorasi minat mereka, apa pun itu.

Selalu Memberikan Perhatian yang Intens

Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak Pasca Pandemi

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Anak akan merasa dihargai dan didengarkan ketika orang tua atau pun guru bersedia mendengarkan mereka secara utuh. Ingatlah bahwa mereka ingin didengar tanpa adanya penilaian terhadap perasaan mereka.

Membangun Kebiasaan Positif Anak

Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak Pasca Pandemi

Photo by Julia M Cameron from Pexels

Hal ini mungkin terbilang tidak mudah, tetapi cobalah untuk memperkenalkan kembali hal-hal yang mesti mereka lakukan.

Belajar dan membuat tugas tepat waktu, makan makanan yang sehat, beristirahat yang cukup, dan berolahraga. Bantu mereka menjadi pribadi yang disiplin dengan membangun kebiasaan positif.

 

Nah, itulah cara menjaga kesehatan mental anak di masa pandemi. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, Anda bisa langsung serukan di kolom komentar di bawah yaaaah…

Anda juga dapat menghubungi kami di +6282111778907 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. gurulesprivate.co.id melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tim Gurulesprivate ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!