Mengembangkan Skill Literasi Digital Anak demi Pendidikan yang Berdaya

| Comment 0

Pada dasarnya, skill literasi digital anak adalah kemampuan mereka dalam mengidentifikasi, mencari, mengevaluasi, dan menggunakan informasi secara efektif dari Internet. Saat ini, hampir semua siswa dan elemen pendidikan lainnya sudah menggunakan layanan informasi online. Akan tetapi, apakah mereka mengetahui cara menggunakannya secara efektif?

Itulah kenapa mengembangkan skill literasi digital pada anak saat ini adalah hal yang sangat penting. Mulai dari mengetahui apa itu skill literasi digital, hal-hal yang berkaitan dengan literasi digital, kenapa literasi digital menjadi keterampilan hidup yang harus dikuasai, dan bagaimana meningkatkan kemampuan literasi digital anak.

Apa Itu Skill Literasi Digital?

Skill Literasi Digital Anak

https://images.pexels.com/

Literasi digital adalah informasi atau literasi media yang umumnya mengacu pada kemampuan untuk mengidentifikasi, menemukan, mengevaluasi, memvalidasi, dan menggunakan informasi secara efektif.

Tidak hanya itu saja, literasi digital anak juga menggambarkan kemampuan mereka dalam membuat konten untuk platform online. Selain itu, mereka harus mengetahui tentang sisi gelap teknologi atau beberapa efek negatif yang mungkin ditimbulkan pada diri sendiri.

Apa Saja Hal yang Harus Diketahui Tentang Skill Literasi Digital Anak?

Mengembangkan Literasi Digital Anak

https://kid101.com/

Terdapat beberapa hal yang harus diketahui tentang skill iterasi digital anak sebelum dipraktikkan dalam pembelajaran dan kehidupan mereka.

Literasi digital Itu Lebih dari Sekedar Pengetahuan Teknis.

Ini mengacu pada keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang memungkinkan anak merasa aman dan berdaya di dunia yang semakin digital. Literasi digital juga mencakup permainan, partisipasi, sosialisasi, penemuan, dan belajar memanfaatkan teknologi secara bijak.

Melek Teknologi Itu Sebuah Keharusan Saat Ini

Pemindaian wajah dan pembuatan profil berbasis Artificial Intelligent (AI) semakin memengaruhi kehidupan anak. Pendidikan, kesejahteraan sosial, hingga peluang kerja di masa depan bahkan akan bergantung pada seberapa baik mereka memahami dunia digital.

Perlu Perjuangan yang Ekstra Untuk Menerapkan Skill Literasi Digital pada Anak

Setiap kebijakan baru yang dibuat pasti memiliki tantangan tersendiri. Seperti kurangnya pemahaman dari kebijakan tersebut, minimnya kapasitas guru dan pelatih, infrastruktur TIK yang tidak mencukupi, hingga konektivitas rendah. Sehingga dibutuhkan pedoman kurikulum digital yang praktis.

Literasi Digital Membutuhkan Konteks yang Jelas

Menerapkan literasi digital menuntut adanya kurikulum, pendekatan terpadu, tinjauan khusus, dan evaluasi.

Kenapa Skill Literasi Digital Itu Penting Untuk Anak?

Apa dampak literasi digital bagi anak? Berikut adalah ulasannya.

Solusi Bagi Pendidikan Anak

Saat ini, banyak pelajar yang sudah mampu mengakses bahan belajar online, mengirim pekerjaan rumah, mengerjakan tugas kelompok secara online, membuat presentasi, dokumentasi, dan berkolaborasi dengan memanfaatkan teknologi.

Agar hal tersebut dapat berjalan secara efektif, anak harus membangun literasi digital sejak dini. Sehingga mereka mengetahui cara menemukan informasi yang benar, apa yang mereka temukan, dan membuat konten yang sesuai.

Selama masa pandemi, meningkatkan skill literasi digital anak dapat membantu mereka mengatasi kesulitan belajar. Selain itu, hal tersebut dapat mempersiapkan mereka dalam menata masa depan yang lebih baik.

Meningkatkan Pengalaman Hidup

Selain platform belajar online, platform media sosial juga lebih populer saat ini. Sehingga, anak perlu memahami bagaimana cara kerjanya, siapa yang dapat melihatnya, dan data digital apa yang tidak boleh dipublikasikan.

Ketika anak memiliki kemampuan literasi digital yang baik, mereka dapat membiasakan diri untuk menerapkan aturan yang ada. Seperti halnya memeriksa hak cipta dan tidak menyalin 100% dari karya orang lain, serta menemukan dan menggunakan data dari sumber yang kredibel.

Bekal Untuk Berjuang di Masa Depan

Perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini membuat dunia menjadi lebih modern. Sehingga, semakin banyak persyaratan pekerjaan yang mengharuskan setiap individu memiliki keterampilan digital.

Contohnya, perusahaan biasanya membutuhkan karyawan yang melek digital dengan keterampilan komputer untuk menemukan, mengevaluasi, dan menyajikan data agar dapat memecahkan masalah kompleks di berbagai bidang.

Jika anak dipersiapkan dengan kemampuan literasi media yang tinggi sejak dini, ini akan membantu mereka untuk bergerak lebih maju di masa depan.

Bagaimana Cara Meningkatkan Literasi Digital Anak?

Mengembal Literasi Digital Anak

https://www.politicshome.com/

Mengembangkan skill literasi digital anak memiliki tantangan tersendiri. Kita harus “membiarkan” anak bereksperimen dengan informasi yang mereka dapatkan di internet. Tugas kita sebagai pendidik dan orang tua adalah membimbing mereka untuk mengidentifikasi, mencari, mengevaluasi, dan menggunakan informasi tersebut secara efektif.

Bimbing mereka untuk menerapkan aturan tentang literasi digital. Bahaya plagiasi, ketentuan hak cipta, dan pentingnya untuk membuat konten yang kreatif. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, Anda bisa langsung serukan dikolom komentar di bawah yaaaah…

Anda juga dapat menghubungi kami di +6282111778907 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. gurulesprivate.co.id melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tim Gurulesprivate ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!