Kunci Penting Blended Learning di Masa Pandemi

| Comment 1

Apa itu “Blended Learning”? Pasca pandemi seperti sekarang ini membuat sistem belajar mengalami perubahan. Dari sistem belajar tatap muka, lalu pembelajaran online. Dan saat ini, kedua sistem tersebut dipadukan menjadi “blended learning”. Kunci penting blended learning tersebut adalah bagaimana menyeimbangkan keterampilan digital siswa secara konsisten dan mandiri.

Memahami Apa Itu Blended Learning

Seperti yang telah dibahas di atas, blended learning merupakan perpaduan sekolah offline dan online atau singkatnya adalah sistem pembelajaran campuran.

Blended learning menjadi hal yang penting sebagai salah satu langkah untuk memanfaatkan teknologi, berfokus pada individu, menjalin hubungan lebih dekat secara online, mendidik anak menjadi pribadi yang lebih mandiri, dan mengantisipasi persebaran virus secara efektif.

Kunci Penting Blended Learning

https://skillup.tech/

Kunci Penting Blended Learning dalam Memberdayakan Siswa

Blended learning bertujuan untuk membangun lingkungan belajar yang simultan, adil, dan menarik sebagai jembatan untuk melintasi kesenjangan virtual.

Sementara itu, kunci penting penting blended learning adalah menyatukan sistem belajar offline dan online yang benar-benar bisa menjadi inovasi terbaru demi memajukan pendidikan.

Untuk menyukseskan sistem pembelajaran blended learning tersebut, sistem ini diharapkan memiliki sumber daya yang lengkap, budaya yang kuat, keterlibatan siswa aktif, pengarahan yang jelas, dan penilaian yang ramah jarak jauh.

1. Konsisten dan Memiliki Sumber Daya yang Lengkap

Rutinitas, akses, dan struktur yang konsisten ke materi virtual memungkinkan siswa untuk update terhadap tugas yang diberikan oleh guru. Selain itu, blended learning juga membantu siswa dengan mudah untuk memahami pelajaran lebih lanjut.

Ketika tujuan, agenda, materi, dan tugas lainnya dalam format digital, rutinitas dapat dilakukan secara konsisten. Tentunya, hal tersebut tidak terlepas dari konteks pembelajarannya.

2. Memiliki Budaya yang Kuat

Kunci penting blended learning adalah membuat siswa terhubung dengan siswa lainnya. Meskipun mereka belajar secara online atau belum mengikuti belajar tatap muka sepenuhnya.

Itulah pentingnya untuk membangun kelas online, berfokus pada pengelompokan siswa, dan memberikan tugas yang bermakna lainnya.

Bahkan siswa harus terlibat dalam proses belajar di kelas online. Sebaiknya, guru juga mempertimbangkan siswa untuk menjadi host atau pembawa kelas, asisten teknis, asisten guru, maupun monitoring obrolan.

Kunci Penting Blended Learning

https://sanet.st/

3. Melibatkan Siswa Untuk Pembelajaran Multimodal

Adanya agenda harian kelas yang dinamis memungkinkan siswa berpartisipasi memanfaatkan modalitas belajar. Meskipun pada akhirnya siswa akan mengikuti pembelajaran tatap muka, digitalisasi itu penting dan berperan aktif dalam memajukan sistem pendidikan anak.

Bahkan, sekolah-sekolah di luar negeri seperti yang ada di Massachusetts memberikan tiga pilihan kepada siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Mereka bebas memilih untuk mengikuti kelas kolaborasi virtual, proyek mandiri, atau sekolah tatap muka.

4. Pengarahan yang Jelas

Pembelajaran simultan tidak harus selalu diarahkan oleh guru atau bersifat sinkron. Blended learning seharusnya mampu mengombinasikan sistem pembelajaran asinkron dan sinkron menjadi pembelajaran yang bermakna.

Beberapa cara terbaik dalam mempraktikkan blended learning yang benar adalah membuat daftar pilihan pelajaran, aktivitas interaktif, dan membekali siswa dengan life skill. Mulai dari pengujian materi yang sudah mereka kuasai, pengembangan diri, dan membuat keterampilan terkait seperti tugas digital.

5. Penilaian yang Ramah Terhadap Jarak Jauh

Belajar online bukan berarti bahwa guru meniadakan sistem penilaian. Bahkan, sistem penilaian untuk sekolah jarak jauh bisa dibuat dengan mudah.

Penilaian tersebut bertujuan untuk mengecek kehadiran siswa, membangun gambaran sistem belajar, mengidentifikasi siswa, dan mengevaluasi penguasaan mereka terhadap materi yang sudah dipelajari.

Namun, agar penilaian itu berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran, pastikan untuk membuat sistem penilaian yang ramah terhadap jarak jauh.

Nah, itulah kunci penting blended learning di masa pandemi. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, Anda bisa langsung serukan dikolom komentar di bawah yaaaah…

Anda juga dapat menghubungi kami di +6282111778907 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. gurulesprivate.co.id melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tim Gurulesprivate ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!