Kebiasaan Belajar Baru di Masa Pandemi

| Comment 0

Tidak dapat dipungkiri bahwa wabah Covid-19 telah mengubah segalanya. Termasuk kebiasaan belajar baru di masa pandemi. Sehingga, para pelajar mau tidak mau harus mengikuti sistem pembelajaran saat ini.

Pada akhirnya, mereka akan menemukan tantangan yang berarti dalam proses belajar mereka. Mulai dari akses internet, gadget, jam pelajaran, tugas-tugas, dan lainnya.

Lalu, apa yang harus dilakukan? Kebiasaan belajar baru lahir dari masalah-masalah belajar di masa pandemi. Oleh karenanya, gunakan strategi ampuh untuk bisa beradaptasi.

Kebiasaan Belajar Baru di Masa Pandemi

https://www.class.com/

Tantangan Belajar dan Kebiasaan Belajar Baru di Masa Pandemi

Tak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar tantangan belajar di masa pandemi berasal dari koneksi internet. Sebagian besar siswa yang tidak memiliki teknologi penunjang harus berjuang untuk berpartisipasi dalam pembelajaran digital. Tidak hanya di Indonesia, kesenjangan tersebut juga terlihat di berbagai negara yang ada di Eropa, Amerika, dan Australia.

Selain masalah koneksi dan teknologi, semua kebiasaan belajar berubah. Dan siswa-siswa harus menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada. Entah itu masalah jadwal belajar, seragam, hingga masalah eksternal.

1. Belajar dari Rumah bukan Berarti Bebas dari Seragam

Layaknya sekolah tatap muka, upayakan untuk mandi, sarapan, dan berpakaian lengkap. Ketika Anda mengikuti pembelajaran online, pastikan Anda sudah bersiap-siap terlebih dahulu.

Dengan mengenakan seragam seperti sekolah normal, ini akan membantu Anda untuk mengatur pikiran seakan-akan Anda berada di lingkungan sekolah. Sehingga Anda bisa belajar dan berkonsentrasi secara optimal.

2. Sediakan Spot Khusus Untuk Belajar

Untuk mendapatkan ketenangan belajar, cobalah menciptakan spot yang nyaman sebelum belajar. Sediakan ruangan khusus ketika belajar di rumah. Anda juga bisa menyulap ruangan yang ada demi menjaga fokus belajar di rumah.

3. Buat Rutinitas yang Terstruktur

Kebanyakan dari kita mungkin selalu merasa bahwa waktu sehari 24 jam itu masih kurang. Apalagi jika Anda harus memenuhi beberapa tugas dengan tanggal deadline yang sama. Lalu, apa yang harus dilakukan di saat diri sudah meminimalisir hal-hal yang mengganggu?

Cobalah untuk membuat time table. Belajarlah untuk membagi waktu seefisien mungkin. Terapkan skala prioritas untuk kegiatan yang benar-benar penting, penting, hingga opsional. Semoga ini bisa membantu Anda menjadi pribadi yang lebih disiplin.

Kebiasaan Belajar Baru di Masa Pandemi

https://www.pinterest.ru/

4. Block Diri dari Dunia Luar untuk Sementara

Ketika akan belajar, beritahu orang-orang di sekitar Anda bahwa Anda memiliki waktu khusus untuk belajar. Pada saat itu, cobalah untuk memutus koneksi sementara dengan orang-orang di sekitar. Jika tidak dibutuhkan, singkirkan ponsel dan gadget lainnya.

Menerapkan kebiasaan baru di masa pandemi seperti ini akan membantu Anda membatasi waktu. Mana kegiatan sekolah dan mana kegiatan rumah.

5. Santai, Cemas Itu Biasa!

Belajar online memiliki tingkat kecemasan tersendiri. Anda mesti belajar sendiri, mengatur pembelajaran sendiri, dan mandiri untuk hal apa pun.

Coba praktikkan pendekatan baru agar tetap fokus. Hubungi instruktur dan teman sekelas jika diperlukan. Gunakan sumber daya dan dukungan tambahan. Intinya, jangan ragu untuk bertanya dan meminta tolong.

6. Istirahat adalah Hak Bagi Setiap Siswa

Meskipun Anda memiliki kegiatan yang tidak terduga, jangan pernah lupa untuk beristirahat. Tempatkan istirahat dalam daftar Anda dan lakukan kegiatan bermanfaat seperti olahraga, jalan-jalan, atau sekedar menonton.

Seberapa Siap Anda dengan Kebiasaan Belajar Baru di Masa Pandemi?

Di masa pandemi seperti saat ini, semua elemen pendidikan harus menyesuaikan diri dengan keadaan. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, Anda bisa langsung serukan di kolom komentar di bawah yaaaah…

Anda juga dapat menghubungi kami di +6282111778907 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. gurulesprivate.co.id melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tim Gurulesprivate ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!