Sekolah Tatap Muka vs. Sekolah Online; Mana yang Terbaik Saat Ini?

| Comment 0

Sekolah tatap muka vs. sekolah online saat ini tengah diperdebatkan. Dikarenakan pandemi, sekolah tatap muka beralih menjadi sekolah online di mana sistem pembelajaran mengandalkan koneksi internet dan teknologi yang mendukung.

Seiring meredamnya kasus Covid-19, pemerintah kembali mengambil kebijakan dengan membuka sekolah. Tentunya dengan menetapkan aturan protokol kesehatan yang ketat.

Lalu, apakah mengikuti sekolah offline kembali itu adalah jalan terbaik bagi para pelajar? Masih adakah kesempatan belajar online di rumah bagi siswa yang berhalangan?

sekolah tatap muka vs. sekolah online

https://flipboard.com/

Sekolah Tatap Muka vs. Sekolah Online; Mana Solusi Terbaik?

Sekolah offline menerapkan sistem pembelajaran yang lebih tradisional. Siswa dan guru menghadiri sesi tatap muka di waktu yang sama. Kelas dipimpin oleh guru dan umumnya siswa belajar secara pasif.

Sementara itu, sistem pembelajaran online melibatkan peran teknologi di setiap sesinya. Waktu belajarnya juga bersifat fleksibel dan siswa harus belajar secara mandiri.

Tidak hanya itu saja, kedua sistem belajar ini memiliki perbedaan dari segala sisi. Terutama dari segi komunikasi, penyampaian materi, cara belajar, dan teknis pembelajaran.

Komunikasi

Sekolah tatap muka vs. sekolah online dapat dibedakan dari komunikasi antar siswa dan guru. Pembelajaran online tidak membutuhkan kehadiran secara fisik. Waktu belajarnya juga bersifat fleksibel, sesuai dengan kesepakatan bersama.

Berbeda halnya dengan sekolah tatap muka. Sistem ini menuntut adanya kehadiran secara fisik dan belajar di waktu yang sama.

Penyampaian Materi

Seperti yang diketahui bahwa sekolah tatap muka biasanya dibuka oleh guru sebagai instruktur kelas. Setelah itu, materi pelajaran disampaikan secara gamblang dan dinilai di kemudian hari.

Berbeda halnya dengan sekolah daring yang cenderung mendorong siswa untuk lebih mandiri. Karena di sini, guru hanya berlaku sebagai fasilitator saja.

Cara Belajar

Sekolah tatap muka vs. sekolah online dapat dilihat dari cara belajar siswa. Para siswa dapat menentukan sendiri apa yang ingin dipelajari secara intensif. Mereka juga bebas menentukan berapa lama waktu yang mereka butuhkan untuk belajar.

Namun, sebagian orang berpendapat bahwa belajar online memiliki tingkat keberhasilan yang sedikit. Untuk itu, siswa yang memilih sistem pembelajaran seperti ini harus memiliki disiplin dan motivasi yang tinggi.

Anda yang harus bisa mengatur jam belajar, menguasai materi pelajaran dengan baik, dan menjaga motivasi diri untuk tetap belajar secara maksimal.

Teknis Pembelajaran

Sistem belajar daring dan luring itu benar-benar berbeda. Sehingga, Anda bisa melihat secara jelas mana yang paling dibutuhkan saat ini.

  1. Lingkungan; sekolah tatap muka cenderung lebih pasif dan membutuhkan kehadiran secara fisik. Berbeda halnya dengan sekolah daring yang mengharuskan siswa untuk terlibat aktif meskipun tidak membutuhkan kehadiran secara fisik.
  2. Sumber Pelajaran; sekolah daring memiliki sumber belajar yang beragam. Mulai dari buku teks pelajaran, soft copy materi, internet, dan lainnya. Sementara itu, sumber belajar sekolah luring hanya berasal dari buku paket yang disarankan.
  3. Cara Belajar; guru adalah instruktur di sekolah tatap muka. Berbeda halnya dengan sekolah daring yang mengharuskan anak untuk belajar secara mandiri.
  4. Penilaian; penilaian sekolah daring dapat dilakukan dengan membuat video, rekaman suara, dan terkesan fleksibel. Namun, penilaian dalam sekolah tatap muka mengharuskan Anda untuk mengerjakannya tepat waktu.
  5. Kerja Kelompok; seluruh kegiatan belajar yang berlangsung dalam kelompok harus dijadwalkan terlebih dahulu agar tidak mengalami “benturan” dengan pelajaran lainnya. 
sekolah tatap muka vs. sekolah online

https://temsil.org/

Sekolah Tatap Muka vs. Sekolah Online; Apa Keputusan yang Harus Diambil?

Sekolah tatap muka dan sekolah online memiliki keunggulan tersendiri. Terlepas dari baik atau tidaknya pilihan Anda, kembalikan lagi kepada “apa yang dibutuhkan saat ini”.

Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, Anda bisa langsung menyerukannya pada kolom komentar di bawah yaaaah…

Atau, Anda dapat menghubungi kami di +6282111778907 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada 09.00-17.00.

Anda juga bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. gurulesprivate.co.id melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tim Gurulesprivate ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!