Cara Meminimalisir Kecanduan Gadget Selama Sekolah Online

| Comment 0

Semenjak pandemi, hampir semua aktivitas manusia berlangsung secara online. Termasuk kegiatan belajar mengajar dan pendidikan formal anak. Sehingga, potensi kecanduan terhadap gadget mengalami peningkatan. Oleh karenanya, orang tua dan para pendidik lainnya harus terlibat dalam mempraktikkan cara meminimalisir kecanduan gadget.

Menurut seorang psikolog di Portland, Dodgen-Magee, mengatakan bahwa penggunaan teknologi yang berlebihan dapat menurunkan fokus, ketidakmampuan untuk menahan gangguan, hingga kekhawatiran. Kecanduan layar juga dapat menyebabkan masalah fisik seperti gangguan penglihatan, sakit kepala kronis, dan masalah postur tubuh.

Nancy Colier, seorang penulis buku “The Power of Off: The Mindful Way to Stay Sane in a Virtual World” juga psikoterapis di New York, menambahkan bahwa anak yang kecanduan gadget juga mengalami depresi pada tingkat epidemic dan kehilangan keseimbangan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kecanduan gadget selama sekolah online berlangsung? Haruskah sistem pembelajaran saat ini kembali ke sistem belajar tradisional? Untuk mendapatkan jawabannya, tetap stay di sini yaah…

Cara Meminimalisir Kecanduan Gadget

https://raycenter.wp.drake.edu/

Bagaimana Cara Meminimalisir Kecanduan Gadget pada Anak Selama Sekolah Online?

Cara mengantisipasi kecanduan gadget dimulai dengan mengenali akar permasalahannya. Apa yang membuat anak betah berlama-lama menatap layar meski sekolah online sudah usai? Mungkin “kontrol” orang tua harus diperkuat di sini.

Bahkan bisa jadi anak memiliki jadwal yang tidak terstruktur, tidak memiliki tujuan yang jelas ketika menggunakan ponsel. Sehingga membuat mereka enggan beristirahat.

Kenali Akar Permasalahannya

Sama seperti kasus kecanduan lainnya, cara pertama untuk meminimalisir kecanduan gadget selama sekolah online adalah mengakui bahwa Anda memiliki masalah. Ya, masalah komunikasi karena ketergantungan pada teknologi.

Untuk mengatasi hal ini, para siswa mesti diberikan durasi tertentu dalam menggunakan gadget. Adapun durasi yang ideal adalah selama dua jam di setiap harinya.

Berani “Mengontrol” Anak

Menerapkan batas penggunaan layar dapat menjadi faktor perlindungan yang kuat bagi anak. Dalam sebuah studi longitudinal terhadap lebih dari 1.300 keluarga, ditemukan bahwa anak-anak dengan penetapan batas layar oleh orang tuanya terbukti lebih sehat karena memiliki waktu tidur yang cukup. Selain itu, mereka juga selalu bersikap positif dan mendapatkan nilai yang bagus di sekolah.

Jadi, mengontrol anak di sini adalah mengajarkan anak untuk menegakkan kedisiplinan sejak dini. Mereka harus memahami tentang waktu-waktu tertentu dalam menggunakan gadget, istirahat yang cukup, dan mengupayakan makan-makanan yang bergizi untuk menjaga kesehatan anak.

Membuat Jadwal Kegiatan

Cara meminimalisir kecanduan gadget selama sekolah online berikutnya adalah membuat jadwal kegiatan. Dengan adanya time table yang terstruktur, anak akan merasa bertanggung jawab terhadap dirinya.

Mereka dapat mengatur waktu hingga memegang gadget pun mulai sulit diwujudkan. Sebagai orang tua, buatlah jadwal kegiatan anak berdasarkan waktu sekolahnya, alokasi waktu untuk membuat tugas, waktu istirahat, membaca buku, dan bermain.

Cara Meminimalisir Kecanduan Gadget

https://news.myseldon.com/

Anak Harus Beristirahat

Istirahat di sini maksudnya adalah di mana anak tidak menggunakan gadget sama sekali setelah mengikuti sekolah online seharian. Mereka bisa gunakan waktu yang ada untuk tidur siang.

Jika mereka tidak terbiasa tidur siang, waktu beristirahat mereka juga dapat digunakan sebagai momen untuk saling bertukar cerita.

Menggunakan Gadget Hanya dengan Tujuan yang Jelas

Umumnya, kecanduan gadget dilatarbelakangi oleh tidak adanya tujuan yang jelas ketika menggunakan gadget. Anak terus  melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.

Dalam hal ini, Anda harus menumbuhkan kesadaran anak tentang menetapkan batas waktu penggunaan gadget dan pertimbangkan waku yang tepat. Beritahu juga anak bahwa penggunaan gadget yang berlebihan akan memicu depresi dan sulit berkonsentrasi.

Akhir Kata

Nah, itulah cara meminimalisir kecanduan gadget selama sekolah online. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, Anda bisa langsung serukan dikolom komentar di bawah yaaaah…

Anda juga dapat menghubungi kami di +6282111778907 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. gurulesprivate.co.id melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tim Gurulesprivate ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!