Susah Belajar: Kenali Faktor-Faktor Pencetusnya

| Comment 1

Banyak siswa maupun non siswa yang kerap mengeluh susah belajar. Mereka terus saja mengeluh tanpa mendalami penyebabnya. Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan seseorang mengalami kondisi susah belajar? Simak di sini!

Sudah diulang-ulang namun hasilnya tetap saja sama. Tidak ada pelajaran yang masuk dan bisa dipahami. Tidak hanya nilai dalam mata pelajaran yang menurun, rasa cinta orangtua pun menurun.

Apakah teman-teman pernah mengalami kondisi ini? jika iya mari kita cari tau dulu akarnya.

Faktor-Faktor Susah Belajar

Faktor-faktor susah belajar

Menurut penelitian, ada dua hal yang mendasari seseorang mengalami sulit belajar. Pertama adalah faktor internal dan yang kedua adalah faktor eksternal.

Mari kita kupas satu per satu.

a. Faktor internal

Pengertian dari faktor internal adalah segala hal yang berasal dari orang itu sendiri. Dalam hal ini faktor internal mencakup karakteristik emosi dan sikap yang cenderung labil, rendahnya intelegensi, dan memiliki gangguan psikomotorik.

Seseorang atau siswa dengan gangguan penglihatan atau pendengaran berpotensi mengalami kondisi susah belajar. Dengan demikian emosinya pun menjadi tidak stabil.

b. Faktor eksternal

Pengertian dari faktor eksternal adalah segala hal yang terjadi di luar diri seseorang seperti kondisi lingkungan. Contohnya adalah kondisi keluarga seseorang.

Siswa yang berada di lingkungan keluarga yang buruk cenderung mengalami penurunan kualitas belajar. Bahkan lingkungan sekolah dan rumah pun memiliki pengaruh yang besar.

Jika lingkungan sekolah tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai maka menyebabkan siswa kesulitan untuk melanjutkan pembelajaran.

Sama halnya dengan lingkungan rumah yang penuh dengan anak nakal atau kumuh. Kondisi ini juga menyebabkan seseorang tidak dapat belajar dengan baik.

Baca ini: Strategi Belajar Untuk Kelas 12 Yang Wajib Dicontoh

Susah Belajar Masih Dapat Tertangani

Siapa bilang kondisi ini tidak bisa diatasi? Saat ini kita hidup di jaman yang serba canggih. Perihal masalah yang berhubungan dengan diri sendiri ataupun lingkungan telah memiliki cukup banyak solusi.

Contohnya ketika seorang siswa mengalami kesulitan belajar dan setelah diselidiki ternyata faktornya adalah internal, maka peran psikolog dapat membantu di sini.

Sama halnya jika kondisi tersebut terjadi di lingkungan sekitar siswa maka sekolah dapat membuat usulan sarana prasarana atau meminta peran aktif pemerintah setempat.

Bagian yang paling penting adalah membuat orang yang bersangkutan merasa nyaman terlebih dahulu. Mengikuti bimbingan belajar bvaik itu dari sekolah maupun tidak juga terbukti membantu mengurangi masalah kesulitan belajar.

Semoga artikel ini bermanfaat ya teman-teman! Jadi jangan mudah menyerah jika kalian mengalami kondisi ini!

Baca ini: Peran Orangtua Di Masa Pandemi Pada Pembelajaran Akademik Anak

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banyak siswa maupun non siswa yang kerap mengeluh susah belajar. Mereka terus saja mengeluh tanpa mendalami penyebabnya. Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan seseorang mengalami kondisi susah belajar? Simak di sini!