Cara Melawan Rasa Malas Belajar: 4 Tips Ampuh

| Comment 0

Belajar terkadang menjadi hal yang membosankan. Namun ternyata ada lho cara melawan rasa malas belajar yang ampuh. Mau tau bagaimana caranya? simak di sini ya!

Belajar menjadi hal yang paling penting bagi para pelajar. Tapi sama halnya dengan berbagai jenis kegiatan lainnya, belajar juga identik dengan rasa malas. Kira-kira apa yang menyebabkan malas belajar?

Penyebab Malas Belajar

cara melawan rasa malas belajar
malas belajar karena lelah

Sebelum mencari tau solusinya, simak dulu akar penyebabnya. Kenapa kira-kira kita malas belajar? Ada beberapa hal menurut survey kepada 10 orang siswa SMA dan hasil survey tersebut adalah:

1. Pelajaran terlalu sulit

Ini adalah hal pertama dan mendasar yang menyebabkan seseorang malas belajar. Jika sudah sulit rasanya sangat malas untuk mencari solusinya dan memulai pembelajaran kembali.

Apalagi jika tidak ada orang yang bisa diajak berbagi pikiran.

2. Waktu belajar tidak tepat

Belajar di siang hari mungkin berbeda dengan malam hari. Ketika siang hari kita sibuk dengan berbagai aktivitas, otomatis pikiran menjadi tidak tenang.

Itulah yang menyebabkan kita tidak dapat berkonsentrasi dan cenderung menjadi malas.

3. Capek

Ternyata lelah letih lesu juga berdampak pada motivasi untuk belajar. Sebab itu kita merasa malas belajar ketika pulang sekolah atau setelah melakukan aktivitas berat.

Selain badan capek, otak pun menjadi lelah dan tidak sanggup lagi menerima materi pembelajaran.

4. Tempat tidak nyaman

Sulit memang jika tempat belajar bukan tempat yang nyaman, apalagi banyak nyamuk. Bukannya sibuk belajar, kita justru sibuk menggebuk nyamuk.

Nah, dari beberapa permasalahan tersebut, saatnya mencari cara melawan rasa malas belajar. Kira-kira cara apa yang paling ampuh buat kalian?

Cara Melawan Rasa Malas Belajar Di Rumah

cara melawan rasa malas belajar
malas belajar karena sulit

Rumah sebagai tempat istirahat menjadi lahan untuk rebahan. Tidak heran jika kita kerap merasa malas belajar di rumah.

Dari empat poin sebelumnya, materi belajar yang sulit, rasa lelah, tempat tidak nyaman, hingga waktu belajar yang tidak tepat juga dapat terjadi di rumah.

Lalu langkah apa yang bisa kita lakukan?

1. Mulai dari belajar yang mudah

Dari berbagai subjek pelajaran yang kita kerjakan, ada biaknya memulai dari yang mudah terlebih dahulu. Kemudian barulah menuju soal yang sulit atau pelajaran yang sulit.

Untuk mengantisipasi rasa malas saat berhadapan dengan soal sulit, kita bisa mengajak teman yang lebih pintar untuk belajar bersama. Jangan teman yang justru sama tidak pahamnya ya! itu akan membuat kalian jadi malas combo.

Kita juga bisa mengikuti bimbel online. Dimana menemukannya? Kita bisa cek di sini!

2. Cara melawan rasa malas belajar dengan istirahat yang cukup

Nah ini adalah solusi yang paling mudah tapi bukan berarti harus terus dilakukan. Jadi sebaiknya kita istirahat yang cukup seperti tidur delapan jam atau melakukan tidur siang sebelum kembali belajar.

Dengan demikian kita akan merasa lebih segar dan siap memulai untuk belajar kembali.

3. Pilih waktu belajar yang tepat

Cara melawan rasa malas belajar selanjutnya adalah dengan memilih waktu belajar yang tepat. Pastikan kita tidak akan terganggu selama belajar.

Semisal di siang hari kita sibuk dengan membantu orangtua atau mengerjakan pekerjaan rumah lainnya, maka pilih waktu malam.

Di malam hari suasana cenderung lebih tenang sehingga kita dapat belajar dengan lebih nyaman.

4. Membuat suasana menyenangkan

Jika merasa tempat belajar kita tidak nyaman, saatnya untuk merombak sedikit tempat belajar tersebut. Caranya adalah dengan merapikan semua perkakas di tempatnya.

Selain itu kita juga dapat membersihkan dan menambah kursi serta meja agar tidak mudah lelah. Barulah menambah aromaterapi atau sambil mendengarkan musik klasik.

Nah kalau kalian kira-kira ada cara lain tidak yang ampuh untuk melawan rasa malas belajar? Silahkan isi di kolom komentar ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

cara melawan rasa malas belajar setiap orang berbeda-beda. Temukan caramu di sini.