Sekolah Tatap Muka dan Rumor Covid-19 Pasca PPKM

| Comment 1

Setelah mengeluarkan aturan tentang PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), pemerintah mengeluarkan aturan baru tentang sekolah tatap muka. Aturan tersebut menimbulkan beragam reaksi masyarakat hingga munculnya rumor covid-19 dan asumsi negatif.

Itu adalah hal yang wajar. Namun, setiap orang harus mempunyai cara yang bijak dalam menghadapi rumor tersebut. Jangan sampai pendapat negatif orang tentang sekolah offline membubar aturan baru pemerintah. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan berikut ini.

Apa yang Harus Dilakukan Untuk Mengatasi Rumor Covid Ketika Sekolah Tatap Muka?

Apakah sekolah tatap muka itu aman? Setelah sekian lama mengikuti sekolah online, apakah sekolah offline akan kembali efektif seperti sedia kala? Apa tindakan sekolah dalam mengatasi masalah covid-19? Lalu, seperti apa prosedur kesehatan yang diterapkan oleh pihak sekolah?

Tidak hanya itu saja, masih banyak pertanyaan yang mencemaskan terkait aturan baru tentang sekolah. Beberapa hal ini harus dicermati lebih dahulu untuk menangkal rumor yang beredar.

Sekolah Tatap Muka dan Rumor Covid-19

https://kids.grid.id/

Memahami Apa Itu Covid dan Penanganannya

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menangkal rumor sekolah offline adalah memahami Covid-19 dan cara penanganannya. Sekolah mesti memberikan pengarahan terlebih dahulu kepada orang tua tentang covid-19 dan penanganannnya.

Anak yang sakit tidak dibenarkan mengikuti pelajaran sampai mereka dinyatakan sembuh. Selama berada di sekolah, anak-anak diwajibkan mengenakan masker dan dibekali handsanitizer.

Jika salah seorang di antara siswa tersebut memiliki gejala yang sama dengan infeksi Covid-19, segera jauhkan mereka dari teman-temannya tanpa menimbulkan stigma. Hubungi tim medis untuk tindakan lebih lanjut.

Sekolah Tatap Muka dan Rumor Covid-19

https://news.detik.com/

Selalu Mendukung Sesama

Seperti yang kita ketahui bahwa Covid-19 merupakan virus yang berbahaya. Banyak orang yang menderita dan meninggal karenanya. Selalu up to date terhadap berita tersebut adalah salah satu bukti dukungan terhadap sesama. Namun, pastikan Anda mendengar berita yang valid sumbernya untuk menghindari rumor yang tidak jelas.

Berikan pendidikan kepada anak tentang apa yang harus dilakukan ketika mengikuti sekolah tatap muka. Jika tidak diperlukan adanya kegiatan fisik atau outing class, orang tua dapat melakukan kegiatan tersebut bersama anak di rumah.

Sekolah Tatap Muka dan Rumor Covid-19

https://hdfootagebox.com/

Saling Menghormati dan Terus Berbuat Baik

Covid-19 bisa menyerang siapa saja dan di mana saja. Tak jarang, mereka yang terinfeksi virus malah dibuli dan dijauhkan. Sebagai orang tua dan para pendidik, upayakan anak mendapatkan pendidikan yang cukup tentang hal ini.

Berilah dukungan terhadap mereka yang sedang berjuang, baik secara moril maupun materil. Jika kasus perundungan dan intimidasi terjadi di sekolah, beranikan diri untuk melaporkannya kepada guru atau orang tua.

Sekolah Tatap Muka dan Rumor Covid-19

https://www.sciencenewsforstudents.org/

Edukasi Tentang Covid Untuk Menghindari Kesalahpahaman

Cara melindungi diri rumor yang berkembang selama sekolah tatap muka adalah mengetahui semua fakta tentang Covid-19. Teruslah bertindak waspada terhadap berita hoax yang hanya akan membuat pertahanan diri semakin melemah.

Jelaskan kepada penyebar informasi hoax bahwa mereka hanya akan menyebar kepanikan dan dapat mengakibatkan kecemasan juga stress bagi orang-orang. Dengan tetap terinformasi tentang situasi dan mengikuti langkah-langkah keselamatan, Anda dapat melindungi diri sendiri dan orang-orang di sekitar.

Prokes

https://www.klikwarta.com/

Tetap Jaga Protokol Kesehatan

Hal yang terpenting dilakukan untuk menghindari rumor yang beredar selama sekolah tatap muka adalah menjaga protokol kesehatan. Percayalah, jika Anda sudah menerapkan prokes dengan benar, Anda sudah melindungi diri sendiri dan orang terdekat.

Beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam hal ini adalah sebagai berikut.

  • Terapkan jaga jarak aman ketika sedang berada di sekolah.
  • Rajin mencuci tangan dan lakukan selama 40 detik untuk hasil yang maksimal. Jika dirasa sulit untuk mencuci tangan terus menerus, siapkan hand sanitizer dengan kadar alkohol sebesar 70%.
  • Jika ada teman yang merasa tidak nyaman memakai masker, tunjukkan cara memakai masker yang benar. Pastikan penggunaan masker menutupi hidung, mulut, dan dagu.
  • Ikuti vaksinasi. Jika ada teman yang tidak ingin mengikutinya, berilah penjelasan bahwa vaksin itu efektif dan aman serta sudah melalui proses yang ketat dalam pendistribusiannya.
  •  Jadilah teladan perilaku positif dan dukung mereka untuk mengikuti pedoman keselamatan dan kesehatan sekolah.

 

Nah, itulah ulasan tentang sekolah tatap muka dan rumor covid-19 pasca ppkm. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, Anda bisa langsung serukan di kolom komentar di bawah yaaaah…

Anda juga dapat menghubungi kami di +6282111778907 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. gurulesprivate.co.id melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tim Gurulesprivate ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!