10 Teknik Belajar Cerdas yang Mesti Dipraktikkan

| Comment 0

Apa tujuan belajar sesungguhnya? Menjadi anak yang pintar? Agar cita-cita terwujud dengan baik? Atau untuk mendapatkan penghargaan dari orang lain? Apapun tujuannya, belajar hendaklah dilakukan dengan teknik dan strategi yang tepat. Jangan hanya rajin belajar, tapi Anda tidak mengerti seperti apa teknik belajar cerdas yang harus dipahami dan dipraktikkan.

Dengan mengetahui dan mempraktikkan teknik belajar yang tepat dan cerdas, ini akan memudahkan Anda mewujudkan tujuan belajar Anda yang sebenarnya.

Apa Itu Teknik Belajar Cerdas?

Teknik belajar cerdas adalah bagaimana Anda bisa memahami cara belajar yang efisien. Belajar dengan lebih cepat, praktis dengan memperkokoh informasi-informasi atau keilmuan sebelumnya.

Teknik Belajar Cerdas

https://digitallearning.eletsonline.com/

Mengetahui Teknik Belajar Cerdas Itu Penting!

Rajin saja tidak akan cukup, Anda mesti memiliki teknik belajar jitu untuk mendapatkan esensi belajar yang sesungguhnya.

Lalu, apa saja teknik belajar yang tepat untuk dipraktikkan? Berikut adalah ulasannya.

1.      Punya Banyak Sumber Belajar

Belajar cerdas tidak hanya berfokus pada satu buku paket pelajaran saja. Ada banyak sumber yang dapat dipelajari. Beberapa diantaranya adalah menonton video edukasi terkait materi yang sedang dipelajari, menemukan sumber bacaan secara online, membuat mind map, membuat cacatan, berdiskusi, hingga rutin mengerjakan latihan.

2.      Tidak Hanya Berfokus pada Satu Tema Pembelajaran

Ada yang mengatakan bahwa belajar itu harus fokus pada satu mata pelajaran saja. Namun, pikirkan ini kembali. Mana yang lebih efektif? Belajar bervariasi pada hari yang sama atau bervariasi di setiap harinya?

Mungkin akan lebih baik jika Anda belajar berbagai macam materi dalam satu hari. Misalnya, belajar matematika, sejarah, dan fisika dalam satu hari di waktu yang berbeda. Ini akan membantu otak mencerna pelajaran dengan efektif.

3.      Review Informasi Secara Teratur

Jangan sesekali terpikir oleh Anda untuk belajar dalam sistem kebut semalam. Ini tidak dibenarkan dan akan mengganggu kesehatan Anda. Cobalah untuk mengulang pembelajaran secara berkala.

Hindari drop pelajaran dalam satu waktu karena ini tidak baik bagi kesehatan otak dan tubuh Anda untuk jangka panjang. Jika perlu, buatlah list materi yang telah dipelajari di setiap harinya dan tandai materi yang sudah diulang.

Strategi Belajar

https://av.solutions/smart-boards-unternehmen-bildungseinrichtungen/

4.      Menghindari Multitasking

Multitasking memang membantu dalam kondisi tertentu. Namun, hal tersebut akan menggangu konsentrasi Anda. Fokuslah dan kerjakan tugas satu per satu. Lalu, buatlah daftar pekerjaan dan dealine penyelesaiannya.

Temukan spot belajar ternyaman di sekitar Anda. Matikan notifikasi ponsel. Jika diperlukan, ubah ponsel dalam mode pesawat. Matikan akses internet jika dirasa tidak diperlukan. Kontrol diri untuk tidak membuka jendela internet yang tidak ada kaitannya dengan tugas Anda.

5.      Menciptakan “Formula” Sendiri

Menghapal rumus pelajaran hitung-hitungan terkadang memberikan kesulitan tersendiri. Untuk itu, temukan formula Anda demi memudahkan Anda menguasai rumus tertentu.

Teknik belajar cerdas juga bisa diterapkan menggunakan perangkat mnemonic. Selain itu, Anda dapat menggunakan mind map, diagram, atau tabel perbandingan untuk merangkum informasi.

6.      Sering Mengerjakan Latihan dan Menguji Kemampuan Diri

Mengulang pembelajaran tidak hanya sekedar membaca buku. Anda bisa menguji diri dengan mengajukan pertanyaan terkait apa yang sedang Anda pelajari. Mintalah bantuan teman jika diperlukan.

Ketika Anda sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian, cobalah melatih diri dengan menjawab kumpulan soal.

Teknik Belajar Cerdas

https://www.evidentlycochrane.net/evidence-for-everyday-health-choices/

7.      Pastikan Diri Anda Berada dalam Keadaan OK

Kenapa siswa lebih sering bermain game daripada belajar? Jawabannya sederhana. Game itu menyenangkan dan stress free. Sedangkan belajar hanya akan menimbulkan stress dan kecemasan. So, haruskah ini dilanjutkan?

Meskipun belajar itu tidak selamanya menyenangkan, Anda harus mengenali kecemasan diri terlebih dahulu. Ini bertujuan untuk memudahkan Anda menyerap pembelajaran secara maksimal.

Tulislah dalam sebuah kertas tentang apa yang dikhawatirkan ketika belajar. Lebih lagi tentang ujian yang membuat Anda tidak tidur semalaman. Ungkapkan semua yang Anda rasakan agar Anda merasa tenang untuk menghadapinya.

8.      Jangan Melewatkan Istirahat

Sesibuk apapun Anda dan sesulit apapun pelajaran, jangan lupa untuk beristirahat secara teratur. Ini akan membantu meningkatkan fokus dan produktivitas Anda. Selama beristirahat, jangan gunakan ponsel atau komputer Anda. Ini karena perangkat tersebut hanya akan mencegah pikiran untuk rileks dan tenang.

Selain itu, upayakan untuk tidak begadang. Tidurlah selama delapan jam perhari. Beberapa studi menunjukkan bahwa kurang tidur akan mengganggu fokus, mengakibatkan stress, dan menjadikan diri mudah membuat kesalahan.

9.      Olahraga dan Menjaga Pola Makan

Teknik belajar cerdas berikutnya adalah rutin berolahraga dan menjaga pola makan. Paling tidak, luangkan waktu berolahraga sebanyak tiga kali dalam seminggu selama 30-45 menit. Ini akan membantu Anda untuk meningkatkan daya ingat dan fungsi otak, mencegah osteoporosis dan kanker, mengurangi terjadinya depresi dan stress, dan meningkatkan kualitas tidur.

Selain itu, perhatikan juga makanan yang akan Anda konsumsi. Untuk meningkatkan fungsi otak, makanlah makanan yang mengandung kolin dan asam lemak omega-3. Beberapa diantaranya adalah blueberry, telur, ayam, biji labu, biji bunga matahari, biji labu, biji rami, kacang almond, kenari, kol, brokoli, kubis, ikan salmon, ikan kembung, sarden, dan ikan trout.

10.  Self-reward

Hal yang harus menjadi perhatian dalam menerapkan teknik belajar cerdas adalah menghadiahi diri sendiri. Belilah makanan kesukaan Anda atau sekedar berjalan-jalan ketika sudah menyelesaikan ujian tertentu dengan baik.

Nah, itulah teknik belajar cerdas yang mesti dipahami dan dipraktikkan. Yang terpenting adalah Anda mesti menjaga kesehatan diri di tengah kesibukan Anda belajar dan menyiapkan tugas sekolah.

Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, Anda bisa langsung serukan dikolom komentar di bawah yaaaah…

Anda juga dapat menghubungi kami di +6282111778907 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. gurulesprivate.co.id melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tim Gurulesprivate ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!