6 Salah Kaprah Cara Belajar yang Mesti Diperbaiki

| Comment 0

Setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Namun, tidak semua cara belajar tersebut harus diterapkan. Alasannya, salah kaprah cara belajar pasti terjadi dan mesti diperbaiki sebelum menjadi kebiasaan belajar.

Kenali enam salah kaprah cara belajar berikut untuk memudahkan Anda menyerap pembelajaran dengan baik kedepannya.

Salah Kaprah Cara Belajar

https://www.society19.com/

Salah Kaprah Cara Belajar 1: Sistem Kebut Semalam

Sistem kebut semalam merupakan istilah yang tren di kalangan mahasiswa. Ini adalah sistem belajar yang dilakukan dalam waktu yang panjang tepat sehari sebelum deadline. Sebagian orang yang melakukannya beranggapan bahwa inspirasi kerap datang di penghujung waktu. Sehingga semua tugas diselesaikan dalam waktu satu malam saja.

Namun cara ini sebenarnya tidak efektif. Mengingat tubuh membutuhkan istirahat dan otak juga memiliki batas lelahnya. Pertimbangkan lagi untuk belajar dengan cara ini karena akan menimbulkan masalah kesehatan yang serius di kemudian hari.

Salah Kaprah Belajar 2: Multitasking

Banyak yang berpikiran bahwa multitasking akan membantu pekerjaan cepat selesai dalam waktu yang singkat. Kenyataannya adalah multitasking malah akan membuat seseorang semakin kurang produktif.

Jika ini dilakukan secara terus menerus, maka akan berdampak pada menurunnya konsentrasi, sulitnya mengingat informasi, bahkan hanya akan membuat tugas semakin menumpuk.

Salah Kaprah Cara Belajar

https://www.minuteschool.com/

Salah Kaprah Cara Belajar 3: Mendengarkan Musik

Memutar musik bermanfaat untuk membangkitkan mood dan semangat dalam mengerjakan tugas. Namun, penelitian mengatakan bahwa mendengar musik malah akan menambah kinerja otak. Apalagi jika musik itu mengandung lirik. Sehingga otak akan bekerja untuk memproses lirik tersebut. Pada akhirnya akan memberatkan Anda untuk menyerap pelajaran dengan sempurna.

Salah Kaprah Belajar 4: Tidak Membuat Catatan

Membuat catatan akan membantu memudahkan Anda memahami pelajaran dengan baik. Lebih lagi jika Anda menyempatkan waktu untuk menemukan garis besar pembahasan pelajaran tersebut. Itu akan memberikan ide baru dan informasi penting bagi Anda.

Memang tidak semua orang menyukai hal ini. Apalagi Anda harus membaca terlebih dahulu untuk mendapatkan poin-poin pentingnya. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan aplikasi yang bisa membacakan teks untuk Anda. Dengarkan secara seksama dan temukan kata kuncinya.

Salah Kaprah Cara Belajar

https://www.pinterest.ru/

Salah Kaprah Belajar 5: Mengabaikan Rencana Belajar

Tidak semua orang menyukai hal yang terstruktur. Namun, jangan berlakukan hal yang sama ketika Anda akan belajar. Anda harus membuat rencana belajar aktif dan tersusun. Buatlah belajar menjadi agenda harian yang rutin untuk dilakukan.

Susun juga rencana belajar tentang apa yang akan dipelajari, materi apa yang dibutuhkan, tugas, tanggal ujian, dan agenda belajar kelompok. Jangan lupa untuk membuat waktu istirahat demi menjaga keseimbangan.

Salah Kaprah Cara Belajar 6: Tidak Punya Tempat Belajar Khusus

Kebiasaan belajar baru seperti saat ini membuat Anda harus memiliki tempat belajar yang khusus. Bukan berarti Anda tidak bisa belajar di rumah, namun perhatikan pemilihan ruangan yang tepat. Tidak menyediakan ruang belajar di rumah malah akan mengembangkan kebiasaan belajar yang sangat buruk.

Suara televisi, percakapan yang tidak penting, hingga pekerjaan rumah lainnya akan merusak fokus belajar Anda. Jadi, pastikan Anda menyediakan satu ruangan khusus di rumah yang nyaman untuk belajar.

Nah, itulah salah kaprah cara belajar yang selama ini dilakukan banyak siswa. Mungkin kita sendiri juga melakukannya dan menganggap itu adalah hal yang biasa. Sebelum itu berlanjut, ada baiknya untuk memperhatikan hal tersebut.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat terkait salah kaprah belajar, Anda bisa langsung serukan dikolom komentar di bawah yaaaah…

Anda juga dapat menghubungi kami di +6282111778907 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. gurulesprivate.co.id melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tim Gurulesprivate ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!