Fungsi Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Anak

| Comment 0

Fungsi orang tua dan guru yang berkolaborasi dengan baik dapat menghasilkan pendidikan anak yang lebih baik.

Setiap prestasi yang dicapai oleh anak tidak lepas dari didikan orang tua dan juga guru dalam mendidik anak.

Di masa pandemi ini, mengharuskan orang tua dan guru menjalin kerjasama yang baik untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang berkualitas bagi anak.

Ini dikarenakan pembelajaran di masa pandemi ini dilakukan di rumah sehingga penting sekali kolaborasi orang tua dan guru.

Fungsi Orang Tua dan Guru

Orang tua adalah guru bagi anak-anak di rumah, sedangkan guru adalah orang tua bagi murid di sekolah.

Oleh karena itu harus mengetahui dengan baik dan benar apa saja fungsi orang tua dan guru bagi anak-anak.

Berikut ini beberapa fungsi orang tua juga guru saling bersinggungan satu sama lain yang perlu diketahui:

  • Tugas orang tua

Orang tua adalah role model pertama bagi anak-anak, dimana pembelajaran seperti membaca, menulis, etika, kesopanan dan tingkah laku didapatkan dari orang tua.

Tugas orang tua memegang peranan penting mendidik serta mendampingi anak-anak selama di rumah

Selain itu orang tua juga berperan dalam mengontrol jam belajar anak di rumah.

Orang tua harus mengingatkan anak agar rajin belajar secara rutin setiap harinya, tidak hanya belajar saat ada tugas saja.

Ini dilakukan agar anak-anak terbiasa mengatur waktu secara disiplin serta meningkatkan kemampuan kognitif dan pengetahuan anak.

Tugas orang tua lainnya adalah memastikan bahwa anak-anak tidak mengalami kesulitan dalam pembelajaran maupun saat mengerjakan tugas.

Orang tua bisa mencoba membantu anak-anak agar dapat menjawab soal serta menerangkan kembali apabila ada pelajaran yang tidak dimengerti.

Sebaiknya juga memeriksa secara berkala kinerja dan nilai anak di sekolah secara berkala.

Berikan pujian jika anak telah mengerjakan dan mendapatkan nilai yang baik, serta berikan bimbingan dan semangat apabila anak terlihat lesu dan mendapatkan nilai yang kurang memuaskan.

Ini adalah salah satu fungsi orang tua juga guru yang pertama yaitu memberi bimbingan dan semangat kepada anak di rumah.

  • Tugas guru

Tugas guru adalah sebagai pemberi ilmu yang dapat bermanfaat bagi anak-anak di masa depan.

Ilmu yang diberikan tidak hanya seperti matematika, bahasa Inggris, IPA atau IPS tetapi juga tentang ilmu-ilmu seperti pendidikan moral, sopan santun serta minat-minat lain yang disukai anak yang mungkin tidak banyak diajarkan di kelas.

Beberapa anak memiliki minat dan kemampuan akan hal-hal yang tidak diajarkan di kelas seperti menjadi atlet olahraga, menari, menyanyi, menjadi paskibraka dan masih banyak lagi.

Salah satu tugas guru adalah membimbing dan memfasilitasi murid agar mampu mengembangkan kemampuan diri sebaik mungkin.

Fungsi orang tua juga guru selanjutnya adalah menanyakan anak mengenai proses belajar, ada kesulitan atau tidak, memberikan arahan mengenai proses belajar.

Guru juga harus melapor kepada orang tua mengenai proses pembelajaran, kesulitan dan kemampuan anak dalam pembelajaran.

Apabila terdapat kesulitan, guru dapat berdiskusi dengan orang tua untuk mencari tahu solusi yang bisa dilakukan untuk pendidikan anak.

Fungsi orang juga guru saling bersinggungan sehingga baik orang tua dan guru harus menjalin komunikasi yang baik dan saling bertanya mengenai perkembangan anak saat belajar.

Kemampuan anak akan semakin berkembang apabila keduanya saling bekerja sama dengan baik.

Selain guru di sekolah, hadirnya guru les privat ke rumah memberikan manfaat lebih pada prestasi dan cara belajar anak. Karena anak bisa belajar secara bebas tanpa malu – malu bertanya pada guru les private. Alagi guru les private memiliki tutor yang berpengalaman dari berbagai PTN Favorit serta sudah divaksin. Informasi mengenai Tutor Les Privat bisa cek disini : Cari Tutor Les Privat

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tim Gurulesprivate ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!